Cara Memperbaiki Komputer dan Laptop Yang Error

Memperbaiki Komputer dan Laptop

Cara Memperbaiki Komputer dan Laptop Yang Error Tanpa di Service

Kalian patut mencoba memperbaiki komputer dan laptop yang error sebelum kalian membawa langsung ke service centernya. Simak lebih dulu artikel dibawah ini.

Sebenarnya apa yang terjadi dengan komputer kalian? Mengapa mendadak berhenti pada saat sedang dalam proses booting atau setiap beberapa jam sekali mati saat akan dinyalakan?

Ketika komputer kalian tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Mungkin bisa jadi ada sebuah masalah pada bagian kabel pengisi daya atau mouse kamu tidak terpasang dengan benar.

Namun yang lebih parahnya lagi, kalian malah menumpahkan air atau cairan di atas keyboard laptop kalian.

Kami sangat yakin kebanyakan dari kalian akan langsung menghubungi ahli atau mendatangi pusat servis komputer yang terkadang memakan biaya cukup besar.

Namun sayangnya tidak jarang juga ada pihak yang akan memperbaiki justru berlaku curang. Dengan cara meminta kalian untuk mengganti perangkat lain yang harusnya tidak rusak dengan harganya yang mahal.

Mending kalian coba cara ini terlebih dahulu untuk mengatasi beragam permasalahan yang ada pada komputermu.

 Cara Memperbaiki Komputer Error

  • Cek Kabel Power

Banyak sekali faktor yang dapat memicu sebuah komputer tidak bisa melakukan proses booting dengan benar. Bisa saja hal ini disebabkan karena ada masalah dengan sistem operasi, hard drive ataupun motherboard.

Tapi, jika kamu sudah mengecek ketiga hal tersebut dan tidak ditemukan adanya masalah. Maka cobalah kalian cek kabel power di komputer yang menghubungkan PSU dengan pusat listrik kalian.

Bisa jadi kabel yang sedang digunakan tidak dalam kondisi yang baik akibat sekering meledak. Cukup ganti saja kabel power dan komputer dapat berfungsi kembali.

  • Komputer Lambat atau Lemot

Salah satu keluhan paling sering ditemukan adalah soal kinerja dari laptop atau komputer kalian yang lambat.

Kebanyakan orang pasti akan langsung menyalahkan kondisi hard drive yang perlu di-defrag atau prosesor yang lambat. Namun, jika yang sedang kamu menggunakan merupakan komputer yang sudah berumur lebih dari 5 tahun.

Maka inilah masalah yang akan ditumbulkan dikarenakan efek pada umur sehingga sudah tidak mampu untuk beroperasi secara normal.

Tetapi pada banyak kasus, CPU juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab komputer kamu bekerja lambat karena kekurangan RAM.

Bila hal ini sampai terjadi, segera melakukan upgrade memori RAM kalian. Sebelum kalian membeli ada baiknya pastikan dahulu, kamu sudah mengetahui jenis RAM apa yang cocok untuk motherboard di komputer.

Share:

Author: jordan smith