Bahaya Kecanduan Sosial Media Dalam Kehidupan

Bahaya Kecanduan Sosial Media Dalam Kehidupan

Bahaya Kecanduan Sosial Media Dalam Kehidupan, Harus Penuh Dalam Pengawasan

Teknologi internet saat ini tidak bisa dipisahkan oleh rutinitas dari penggunaan sosmed. Kalian tahu Bahaya Kecanduan Sosial Media Dalam Kehidupan kalian?

Seiring dengan perkembangan internet, berbagai media sosial atau sosmed lahir. Jaringan sosial di sini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berinteraksi di dunia maya.

Anda dapat berbicara atau chatting dengan seseorang jauh yang ada di negara lain dengan menggunakan aplikasi sosial media.

Dengan sosmed Anda juga dapat menemukan teman-teman lama, teman-teman baru, bergabung dengan komunitas baru, upload foto dan video, berbagi cerita, sampai penjualan.

Tapi tidak begitu sinis. Sosmed akan memberikan pengalaman yang lebih baik. Semua ini jelas menyenangkan, terutama bagi mereka yang suka berinteraksi dengan orang-orang.

sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik dan dengan sosmed. Sangat menyenangkan, bermain sosmed dapat menyebabkan kecanduan.

Jika kalian sudah nyandu, maka akan menghasilkan banyak hal-hal negatif, seperti malas belajar, menolak untuk makan, bekerja tidak persetujuan, dan sebagainya.

Efek Buruk Jika Sudah Kerajinan Menggunakan Sosmed

Efek Buruk Kecanduan Sosmed

Kerajinan menggunakan sosmed pada tahap awal, dampaknya tidak akan terasa secara signifikan. Tapi coba kalau akut  dalam jangka panjang ketergantungan ini akan membawa banyak masalah dalam hidup kalian bahkan termasuk pekerjaan dan masalah lainnya.

Sangat disayangkan, mengingat sosmed dapat menjadi sebuah wadah interaksi positif, itu adalah masalah serius bagi pengguna.

Beberapa efek negatif yang dapat mengakibatkan dari ketergantungan sosmed, yaitu:

1. Mengalami Gangguan Tidur

Sementara dengan mengakses sosmed pada saat sedang santai merupakan hal yang sudah biasa. Tapi bagi orang yang kecanduan, setiap kali tidak akan pernah lepas dari gadget untuk melihat akun sosmednya.

Mungkin waktu yang digunakan hingga 24 jam untuk mengakses sosmed mereka, dan pada akhirnya mengalami gangguan pada jam tidur.

Kebiasaan ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan karena sudah mengalami gangguan tidur akut. Jika Anda memiliki itu, bisa kurang tidur dan dampak yang mempengaruhi pelajaran, pekerjaan, dan lainnya.

2. Rasa Lelah Yang Berlebihan dan Sulit Untuk Berkonsentrasi

Kekurangan tidur atau kualitas tidur yang tidak berkualitas tentu bisa dapat mengganggu kesehatan. Efek lainnya, sehingga konsentrasi rendah dan menyebabkan kelelahan yang berlebihan, tubuh tidak fit, dan sering merasa mengantuk saat sedang menjalani rutinitas sehari-hari.

3. Tingkat Stres Lebih Tinggi dan Emosi Yang Tidak Stabil

Ketika seseorang kurang tidur dan jam tidur jadi tidak teratur, orang itu bisa saja dengan mudah untuk mengalami stres. Mempengaruhi ke aktivitas? Tentu saja itu. Produktivitas begitu terganggu, padahal ada tanggung jawab dari pekerjaan atau hal-hal lain yang perlu diselesaikan.

Kondisi ini dapat diperburuk oleh tekanan kerja yang cukup tinggi, bahkan masalah pribadi lainnya yang cukup serius. Akhirnya menaikkan tingkat emosional yang tidak stabil dan cenderung sering berubah.

4. Gangguan Mata

Terlalu sering dan lama dalam mengakses sosmed bisa memberikan efek buruk pada indra penglihatan atau mata. Main sosmed di gadget sambil tidur misalnya, maka akan membuat mata Anda lelah, dan membuat penyakit yang dapat merusak mata.

5. Jadi Cuek Terhadap Lingkungan dan Orang Yang Ada Di Sekitar

Sebagai istilah “sosmed menjauhkan yang dekat,”namun memang itulah sebuah kebenaran. Kadang-kadang kita melihat satu keluarga sedang makan dimeja makan saja, namun anak-anak sibuk bermain sosmed, ibu dan ayah jugalah sama. Akhirnya, tidak berbicara satu sama lain, karena semua sibuk dengan ponsel dan sosmednya.

ketergantungan Sosmed dapat memperburuk sikap seseorang terhadap lingkungan, bahkan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman. Seolah dunia milik seorang diri saja, sehingga orang-orang yang sudah cenderung menjadi nyandu sikap cenderung akan cuek dengan keadaan sekitar.

6. Depresi dan Merasa Cemas Yang Berlebihan

Dengan menggunakan sosmed, seseorang akan menunjukkan sisi kehidupan mereka. Sedih, senang atau melakukan apa-apa pada saat itu, semua akan diumbar.

Ekspresi seperti ini dapat menjadi hal-hal yang berubah menjadi tekanan positif dan negatif. Berbagai kondisi yang diamati dan ditemukan sosmed bisa menyebabkan depresi, kecemasan, gelisah, terutama bagi orang yang sudah kecanduan dengan sosmed.

Nah itulah tadi bahaya yang dapat kalian alami jika sudah kecanduan dengan sosmed kalian. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan sosmed secara berlebihan, ada baiknya kalian lebih banyak istirahat untuk menjaga kesehatan kalian dari pada 24 jam dengan mengakses sosmed.

Semoga artikel kali ini dapat membantu kalian untuk tidak terlalu sering menggunakan sosmed dan batasi penggunaannya.

Author: jordan smith